Kalahkan Nokia, Samsung Raja Ponsel Dunia

AlFanz BlackCyber | 7:40 AM | 0 komentar

Kalahkan Nokia, Samsung Didapuk Jadi Raja Ponsel Dunia


Jika dulu julukan raja ponsel sejuta umat dipegang oleh Nokia, tahun ini Nokia harus rela melepas predikat tersebut. Untuk pertama kalinya, Samsung Electronic berhasil menggusur Nokia sebagai raja ponsel dunia setelah sebelumnya 14 tahun berkuasa.
Hasil survei IHS iSuppli menunjukkan, Samsung menguasai 29% dari total pengapalan ponsel pada tahun 2012, tahun sebelumnya prosentasenya mencapai 24 persen. Sementara itu pangsa pasar Nokia turun menjadi 24 persen, dari sebelumnya 30 persen di tahun 2011.
Di peringkat ketiga diduduki oleh Apple, yang mengambil porsi 10%, naik dari 7% pada tahun sebelumnya. Disusul oleh ZTE dengan porsi 6%, sementara LG berada di peringkat kelima dengan prosentase 4%, turun dari 6% di tahun sebelumnya.
Sementara itu, HTC Corp. dan Research in Motion (RIM) yang memproduksi perangkat BlackBerry, terus menghadapi tantangan di pasar smartphone karena persaingan yang ketat. IHS memprediksi bahwa pangsa pasar smartphone HTC menyusut menjadi 5% pada 2012, dari 9% tahun sebelumnya. Sementara itu, pangsa pasar RIM turun menjadi 5% dari 11% di tahun sebelumnya.
Dikutip dari WallStreetJournal, Jumat (21/12/2012), IHS juga memprediksi bahwa penetrasi smartphone akan terus meningkat pada 2013. Pengapalan smartphone secara global tercatat meningkat 35,5% pada tahun ini, sementara pengapalan ponsel hanya naik 1 persen.

Category:

AlFanz Mkz:
Mohon sertakan sumber www.alfanz-blog.bloggerindonesia.or.id agar tidak terjadi kesalah pahaman, Blog ini di lindungi oleh DMCA. AlFanz Blog - You can find about tutorials, software, study, tips and tricks!

0 komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan Jejak ^_^